Sapi Gemuk Rakyat Sejahtera
Kamis 31 Agustus 2017

Glonggong - Sapi merupakan salah satu jenis hewan ternak yang menjanjikan potensi keuntungan besar di Indonesia. Peluang itu pun tidak disia-siakan warga Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali.

Boyolali merupakan wilayah yang terkenal dengan usaha pengembangan sapi perah dan penggemukan sapi. Tingginya permintaan produksi daging untuk memenuhi kebutuhan pangan di masyarakat membuat pelaku usaha atau pembudidaya sapi mulai memikirkan cara menggemukkan sapi. Penggemukan sapi tidak hanya dilakukan dengan cara memberikan pakan. Pemberian vitamin juga harus dilakukan agar sapi tetap sehat dan kebutuhan gizi terjaga. Peternak dan pembudidaya sapi  harus pandai mencari pakan yang cocok untuk sapi, terutama dalam masa penggemukan sapi alami.

Madiman salah satu warga Dukuh Jangkungan RT004/RW002 telah lima tahun menekuni usaha penggemukan sapi. Awalnya, dia hanya memiliki satu ekor sapi jenis metal untuk memulai usaha tersebut. Berkat kerja kerasnya, kini sapi metal yang dimilikinya bertambah menjadi tiga ekor dan semakin gemuk.

“Awalnya hanya mencoba, dulu cuma satu terus menjadi dua dan bertambah sampai sekarang. Hasilnya penjualan yang satu dapat digunakan untuk membuat kandang dan menambah penghasilan keluarga,” kata lelaki enam puluh empat tahun ini. Madiman mengaku tidak mengalami kesulitan dalam usaha ini. Madiman harus mengobati sapi-sapinya dengan telur bebek jika hewan ternak itu tidak mau banyak makan dan minum. Para peternak juga bisa memanfaatkan limbah kotoran sapi sebagai pupuk untuk sawah mereka. Jerami dari sisa panen padi di sawah dan tanaman yang tidak dipakai juga dimanfaatkan sebagai pakan sapi.

Selama melakukan usaha penggemukan sapi, Madiman mengaku belum pernah mengalami kerugian besar. Harga jual daging sapi metal yang cukup tinggi membuatnya semangat untuk terus melakukan usaha ini. Keuntungan bersih yang dia dapatan dari penjualan sapi-sapi hasil penggemukan itu mencapai hingga empat juta rupiah dengan masa penggemukan selama tiga hingga empat bulan. Anda yang ingin belajar mengenai penggemukan sapi Sunarto, bisa dihubungi di nomor telepon 081393999448.

Berita Terkini
Kartu Tani Sejahterakan Petani
Kamis 31 Agustus 2017
Warga Merancang Pembangunan Desa
Kamis 31 Agustus 2017
Lelang Bengkok untuk Kas Desa
Kamis 31 Agustus 2017